Home / BERITA POTO / Pentas Ketoprak Napak Tilas Bukit Sidoguro

Pentas Ketoprak Napak Tilas Bukit Sidoguro

Sebelum melakukan pentas ketoprak dengan cerita Dumadining Bukit Sidoguro pada Kamis malam, 5 Maret 2020, para paraga ketoprak yang terdiri sejumlah wartawan, pelaku kehumasan dan pejabat terlebih dahulu melakukan napak tilas Bukit Sidoguro dan Bulus Jimbung yang diadakan Selasa sore, 3 Maret 2020.

Rombongan dipimpin Kepala Bagian Humas Setda Klaten H Wahyudi Martono SSos MM dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten, Sri Nugroho, SIP, MM. Ada tiga tempat yang dikunjungi masing-masing Sendang Ngembel, ziarah ke Makam Putri Keling dan mengunjungi Sendang Bulus di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.
Kepala Bagian Humas Setda Klaten H Wahyudi Martono SSos MM mengatakan, dengan kunjungan dan ziarah oleh para paraga ketoprak ke beberapa lokasi sesuai yang tertuang dalam cerita ketoprak, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kelancaran pentas ketoprak kolaborasi antara wartawan, pelaku kehumasan dan pejabat Klaten.

Sutradara Ketoprak, Joko Krisnanto menyatakan, kunjungan dan ziarah yang dilakukan oleh paraga ketoprak ke beberapa lokasi dan makam yang tertuang dalam naskah ketoprak sesuatu yang baik.
Sehingga paraga ketoprak dapat menjiwai peran secara baik, karena cerita rakyat Sidoguro, Pangeran Patohan, Ratu Keling dan Bulus Jimbung memang diyakini ada oleh masyarakat Klaten.
Joko Krisnanto menambahkan, petilasan Sendang Ngembel, makam Putri Keling dan Sendang Bulus Jimbung ramai dikunjungi dan diziarahi warga pada setiap bulan Syawal dalam kalender Jawa.

Cerita ketoprak Dumadining Bukit Sidoguro juga mengandung pendidikan karakter untuk tidak melupakan pada asal usulnya yakni dari orang tuanya sehingga bisa berbakti pada orang tuanya. ( Valens/Red )

 543 total views,  1 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Menyalakan Seribu Lilin FPII Lampung Berharap Pembunuh Demas Laera Segera Terungkap

Bandar Lampung ,- Lebih dari seratus orang jurnalis yang tergabung di Forum Pers Independent Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *