Home / BERITA POTO / Pengendara Motor Pengawal Ambulans,Akan Ditindak Tegas

Pengendara Motor Pengawal Ambulans,Akan Ditindak Tegas

Klatin-Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten akan menindak tegas pengendara sepeda motor yang kedapatan mengawal ambulans di Kabupaten Klaten.

Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan, keberadaan motor pengawal ambulans yang biasanya berjalan di depan dengan kecepatan tinggi justru sangat membahayakan pengemudi itu sendiri dan pengendara lain.

“Mereka naik sepeda motor dengan menggunakan rotator dan sirene jelas itu melanggar aturan sebagaimana diatur dalam UU nomor 22 tahun 2009,” katanya,Kamis ( 23/01/2020 ).

Menurut AKP Bobby, yang namanya mengawal sesuatu entah itu kendaraan (ambulans) ataupun rombongan harus ada pelatihannya.

“Mengawal itu tidak ujug-ujug. Begitupun anggota lalu lintas tidak ujug-ujug langsung pakai baju lalu lintas dia bisa mengawal, itu belum tentu,” kata AKP Bobby.

Ia menambahkan, untuk melakukan pengawalan rombongan, setiap orang sudah harus mendapatkan pelatihan dan mengetahui tekniknya.

“Jangan mentang-mentang dia merasa punya rotator dan sirene dia bisa seenaknya menyingkirkan orang lain tanpa mengetahui teknik pengawalan yang jelas sesuai SOP,” kata Kasat Lantas Polres Klaten.

Menurut AKP Bobby, pihaknya akan berkoordinasi dan melakukan sosialisasi kepada rumah sakit dan masyarakat terkait layanan pengawalan ambulans.

‎”Kalau memang nanti ada masyarakat maupun rumah sakit yang membutuhkan pengawalan ambulans silakan hubungi polisi. Kami akan layani tanpa dipungut biaya sama sekali,” jelasnya.

Menurutnya, apa yang akan dilakukan pihak kepolisian tersebut merupakan langkah preventif untuk mencegah jatuhnya korban.

“Jika setelah diadakan sosialisasi masih tetap ada pengendara motor yang nekat mengawal ambulans maka kami akan berikan sanksi tilang,” pungkasnya. (+)

Penulis : Valens

Editor :Zainuddin/Red

 222 total views,  2 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Menyalakan Seribu Lilin FPII Lampung Berharap Pembunuh Demas Laera Segera Terungkap

Bandar Lampung ,- Lebih dari seratus orang jurnalis yang tergabung di Forum Pers Independent Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *