Home / DAERAH / Tulang Bawang Barat / Lestarikan Budaya Tari Tradisional Kelurahan Mulya Asri Latihan Dua Kali Dalam Seminggu

Lestarikan Budaya Tari Tradisional Kelurahan Mulya Asri Latihan Dua Kali Dalam Seminggu

 

Dalam upaya menjaga kelestarian budaya salah satuanya tari Remo asal Jawa Timur Kelurahan mulya asri kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat laksanakan latian tari setiap hari sabtu dan minggu dikantor kelurahan setempat.

Latihan tari ini sebagai pelestarian saja dan agar anak-anak penerus generasi bangsa khususnya dikelurahan Mulya Asri. Dan dilatihan ini bukan saja anak jawa yang mengugikutinya tapi juga anak-anak pribumi lampung juga atosias mengukuti latihan ini,” Kata Prabumi Restuaji S.E Lurah Mulya Asri saat ditemui dilokasi latihan tari,” Minggu (22/12/2019).

“Tari Remo ini berasal jawa timur, Dan biasanya anak-anak ini latihan dirumah pak Ponco Nugroho ketua DPRD Tubaba, Cuma hari kami latihan di Balai kantor kelurahan,karena beliu lagi pergi kebandar Lampung,” Terangnya.

Latihan tari ini rutin kamu lakukan, khusus hari sabtu dan minggu saja, biar anak-anak ini bisa fokus dalam latihan dan yang pasti tidak mengganggu jam pelajaran mereka disekolahan.

Lebih lanjut Prabumi Restuaji mengungkapkan,” Kecintaan pada seni tari tradisional membuat saya dan kawan-kawan terutama pak ketau DPRD Tubaba Ponco berusaha melestarikan budaya tari,

“Dengan bertambahnya tahun dan berganti generasi, ada kalanya tradisi yang telah dipertahankan dan dijaga dengan baik oleh para leluhur kita secara perlahan-lahan mulai luntur. Karena, pengaruh dari budaya modern yang kembang serta disukai mereka, sehingga sedikit demi sedikit, generasi mulai melupakan dan tidak meminati budaya asli tradisionalnya,” Ungkapnya.

Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka tidak mustahil warisan asli budaya tradisional akan punah dengan cepat. Kalau bukan kita-kita yang peduli akan siapa lagi,” Tuturnya.(+)

Penulis : (Ferki)
Editor : Zainuddin

 88 total views,  1 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Anggota DPD RI Serap Aspirasi Pembangunan di Tubaba

Tulangbawang Barat–Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dr. H. Bustami Zainudin, S.Pd., M.H, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *