Home / BERITA POTO / Konflik Sengketa Tanah Antara Warga Desa Negara Batin Jabung Dengan PT .Austasia StockFeed Dua Tahun Belum Terselesaikan.

Konflik Sengketa Tanah Antara Warga Desa Negara Batin Jabung Dengan PT .Austasia StockFeed Dua Tahun Belum Terselesaikan.

Newstkptv.com–Lampung Timur konflik atau sengketa kepemilikan tanah yang menimpa 26 masyarakat Desa Negara batin, kecamatan jabung Lampung Timur yang memiliki tanah di danau gayaw dan cabang miring dengan PT.Austasia Stock Feed Hingga Saat ini masih berkepanjangan dan belum terselesaikan Pasalnya, Kedua belah pihak saling bersikukuh berpegang teguh kepada pendirian mereka masing-masing.

Perusahaan merasa kuat dan menang karena mereka memiliki HGU yang didalam nya diduga termasuk lahan milik 26 warga masyarakat yang ada didanau gayaw dan cabang miring. Sementara warga masyarakat merasa tidak pernah menjual tanah atau lahan milik mereka tersebut ke perusahaan.

Dalom Sasi Wahab Mantan Kepala Desa Negara Batin saat dihubungi via ponselnnya mengatakan bahwa, tanah yang di sengketakan tersebut tidak masuk dalam HGU serta tidak pernah dijualbelikan warga dengan perusahaan.

“Jauh sebelum adanya perusahaan, warga memang sudah ada disana,” Kata Dalom Sasi Wahab,” Jumat (20/03/2020).

Masih menurut Dalom Sasi Wahab, Surat Pernyataan diatas Segel yang ditanda tangani Oleh Para penyimbang Tokoh adat dan penyimbang Bumi Desa Negara batin Hi.Ibrahim Glr PN. Uger dilampung menyatakan bahwa, Para penyimbang adat Hanya menjual Tanah ke PT.Tippindo tanah seluas 300 Hektar dan tanah warga yang sekarang bersengketa itu tidak masuk didalamnya.

“Penyimbang dan tokoh adat desa Negara batin berkeyakinan hanya jual tanah seluas 300 Hektar kepada PT Tippindo,” Jelasnya.”

Sementara itu Muhidin salah seorang tokoh pemuda Setempat juga mengatakan bahwa tanah yang sedang sengketa tersebut adalah milik warga, bukan punya perusahaan dan sampai titik darah penghabisan pun tetap akan kami pertahankan, meskipun nyawa taruhannya.

“Tanah yang sedang sengketa saat ini adalah milik Warga dan Sampai titik darah penghabisan akan tetap kami pertahankan,” Kata Muhidin.”

Terkait dengan persoalan sengketa tanah di Negara batin Jabung, DPW Pekat Lampung dan DPD Lampung Timur telah melakukan Pemantauan dan turun langsung kelapangan Serta melakukan pul baket.

Seperti diketahui oleh masyarakat banyak bahwa jauh sebelum perusahan masuk, Warga sudah terlebih dahulu berada dilokasi tersebut.

“Kami selaku Ormas Pekat Indonesia Bersatu mulai dari DPD, DPW Serta DPP, Siap Mendampingi Masyarakat Desa Negara Batin Jabung Lampung Timur Untuk Mengurus Penyelesaian Sengketa Tanah yang saat ini sedang terjadi didaerah tersebut,” kata salah seorang pengurus DPW Pekat Lampung.

Ironisnya Sampai Dengan Sekarang Sengketa Tanah yang telah Berjalan selama 2 Tahun Tersebut Masih Belum Ada penyelesain dan diduga terkatung – Katung.

“Hingga saat ini Sengketa Tanah Warga yang terkena irigasi Dengan Perusahaan Belum Terselesaikan, Kami Selaku Warga Mengharapkan Kepada Bapak, Zaeful Bokhari Bupati Lampung Timur, Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Dan Ir.Joko Widodo Bapak Presiden RI Untuk Sekiranya Dapat Berkenan Membantu Kami Masyarakat Negara batin Menyelesaikan Persoalan Ini.”Tutup Muhidin.”(+)

Sumber : FPII Setwil Lampung

Editor : Zainuddin/Red

 489 total views,  1 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Menyalakan Seribu Lilin FPII Lampung Berharap Pembunuh Demas Laera Segera Terungkap

Bandar Lampung ,- Lebih dari seratus orang jurnalis yang tergabung di Forum Pers Independent Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *