Home / HOME / Kabasarnas Kunjungi Pelabuhan Bakauheni Pantau Arus Liburan Natal dan Tahun Baru

Kabasarnas Kunjungi Pelabuhan Bakauheni Pantau Arus Liburan Natal dan Tahun Baru

*Kabasarnas Kunjungi Pelabuhan Bakauheni Pantau Arus Liburan Natal dan Tahun Baru*

Lampung – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito beserta jajaran kunjungi Pelabuhan Bakauheni untuk memantau arus liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 pada hari Sabtu (21/12/2019).

Kabasarnas menggunakan helikopter jenis AW 139 landing di Pelabuhan Bakauheni untuk memantau arus liburan dan pengecekan kesiapan personilnya di Basarnas Lampung dalam melaksanakan siaga SAR khusus Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Beliau didampingi oleh PLT Deputi Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Brigjend TNI (Mar) Bambang Suryo Aji, dan Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas Marsekal Pertama TNI Yuri Afiudin Anwar. Di Pelabuhan Bakauheni Kabasarnas disambut oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Danlanal Lampung Letkol (Mar) Amrul Adriansyah, Kepala Dinas Propinsi Lampung Bambang Sumbogo, GM ASDP Bakauheni Hasan Lessy, Kepala Basarnas Lampung Jumaril, S.E., M.M., Kepala BPBD Lamsel Darmawan, Kapolres Lamsel AKBP Edy Purnomo, Dandim 0421 LS Letkol Kav Robinson Bensie, dan lainnya.

Rombongan beserta jajaran Forkopimda Lampung mengadakan rapat koordinasi. Dalam rapat koordinasi yg dilaksanakan di ruang VIP ASDP Pelabuhan Bakauheni Kepala Basarnas Lampung Jumaril, S.E., M.M. memaparkan kesiapan personil dan alut Basarnas yang dimiliki oleh Basarnas Lampung dan posko posko Siaga SAR khusus yang digelar dalam menghadapi liburan akhir tahun ini. Dalam siaga khusus ini Basarnas Lampung akan menempatkan tim rescue di titik-titik jalur kepadatan arus penumpang yaitu 1 tim di Pelabuhan Bakauheni, 1 tim di Pelabuhan Kota Agung dan 2 tim di ruas jalan tol Trans Sumatra. Untuk di Pelabuhan Bakauheni distanby kan alut Basarnas Lampung yaitu RIB 02. Sementara KN SAR Basudewa Lampung dan KN SAR Drupada Banten akan diperkuat KN SAR Karna Jakarta utk melakukan pemantauan khusus di alur penyeberangan merak-bakauheni, disamping itu kantor pusat Basarnas juga memberikan perkuatan dgn mensiagakan satu unit helly copter HR-3605 di pelabuhan bakauheni dan merak dgn daerah pantauan hingga ke ruas toll trans sumatera.

Dalam penjelasannya Kabasarnas kepada media yg hadir, bahwa Basarnas telah menyiapkan 3 buah Kapal ukuran 40 meter untuk pengamanan jalur penyebrangan Merak Bakauheni, selain itu Basarnas juga menempatkan 1 helikopter di Lampung untuk memantau jalur tol JTTS sesuai yg dijelaskan oleh Kakansar Lampung tadi. Selain itu keberhasilan dalam siaga ini tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari pihak lain dan potensi SAR yg ada di Lampung seperti TNI Polri, BPBD, ASDP dan pihak terkait lainnya, ujar Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, S.E., M.M.

“Kami mohon doanya agar semuanya lancar dan selamat, amin. Namun kita juga hrus tetap siap tentunya dengan dukungan dari bapak bapak yang ada disini,” tutupnya. (Red)

HMS

 49 total views,  1 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Oknum Kepala Sekolah Paud Tk Melati 2 Tiyuh Marga Jaya Diduga Manipulasi Data

Lampung Tubaba-Oknum kepala sekolah pendidikan usia dini (PAUD) inisial (HY) Tiyuh marga Jaya kecamatan Gunung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *