Home / BERITA POTO / Bupati Klaten Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Bupati Klaten Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani memimpin apel Kesiapsiagaan Bencana tahun 2020 di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (16/01/2020). Apel Kesiapsiagaan Bencana diikuti TNI/Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pelajar dan ratusan Relawan Kebencanaan di Klaten.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Sip Anwar SE MSi didampingi Sekretaris BPBD Klaten Nur Tjahjono Suharto MPP, MEng engatakan, maksud apel kesiapsiagaan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana Hidrometeorologi di Kabupaten Klaten seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan sebagainya.

Dikatakan, adapun tujuannya, pertama, untuk meningkatkan koordinasi para Stakeholder penanggulangam bencana dalam menghadapi Bencana Alam di tahun 2020. Kedua, untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi puncak musim hujan dan tujuan Ketiga untuk memberikan kesepahaman penanganan bencana pada para pemangku kepentingan dan relawan penanggulangan bencana di Klaten.
Pada acara tersebut, kata Sip Anwar, Bupati Klaten memberikan bantuan tangki air roda tiga untuk lima kecamatan yakni Kecamatan Prambanan, Klaten Tengah, Klaten Utara, Klaten Selatan dan Kecamatan Ceper.

Kemudian menyerahkan bantuan 17 motor roda tiga Viar untuk kelompok pengangkut sampah di kelurahan di Kabupaten Klaten. Kemudian juga diserahkan bantuan 50 skop, 50 rompi dan 50 mantol untuk relawan di Klaten.
Masih menurut Sip Anwar, pada apel Kesiapsiagaan bencana juga ditampilkan alat kebencanaan seperti dari instansi terkait contohnya perahu karet, motor trail, senso, pemadam kebakaran, truk serbaguna, tangki air dan mobil ambulan.

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Klaten merupakan daerah yang diberi Anugerah Allah SWT dengan berbagai potensi yang dimiliki. Namun, di balik itu dari Komposisi Geografis, Geologis, Hidrologis dan Hemografis, Kabupaten Klaten menyimpan potensi bencana yang diakibatkan faktor alam maupun non alam.
Untuk itu, kata Bupati Klaten, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik pemerintah, swasta, relawan dan tentu saja masyarakat dalam upaya pengurangan resiko bencana. Seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat, harus tanggap terhadap ancaman bencana bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana, tetapi juga pada pra bencana dan pasca bencana. Dikatakan, penanggulangan bencana, tidak lagi hanya dititikberatkan pada kedaruratan saja, namun upaya pengurangan resiko bencana yang menuntut adanya kesiapsiagaan seluruh pihak.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berharap,
melalui kegiatan ini diimbau kepada seluruh pihak untuk dapat mengoptimalkan upaya mitigasi bencana, bukan hanya pada masa terjadinya bencana namun juga, secara periodik sebagai upaya pengurangan resiko bencana di Kabupaten Klaten. Dalam upaya Mitigasi ini, diperlukan kerjasama dan langkah-langkah konkrit dari seluruh pihak, karenanya pada kesempatan diajak semua pihak baik institusi Pemerintah maupun swasta yang berada ditingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa untuk dapat merapatkan barisan, koordinasi terencana, meningkatkan secara terpadu dan berkesinambungan. Tujuannya agar semua pihak mampu bekerjasama dan berperan secara maksimal sesuai dengan kapasitasnya masing-masing sebagai upaya memberikan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak bencana yang mungkin akan terjadi.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berharap,
Semoga kegiatan ini dapat menyadarkan semua komponen untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan dengan berbagai upaya yang dapat diakukan. Bupati Klaten juga mengajak masyarakat Klaten untuk mewujudkan Klaten semakin Keren, Bersih, Hijau dan Bebas Banjir. Saat jadi pembina apel Bupati Klaten didampingi Kapolres Klaten dan Dandim 0723 Klaten.

Kapolres Klaten dan Dandim 0723 Klaten juga memberikan pengarahan kepada peserta apel yang menekankan saat ini di Klaten sudah dibentuk Posko penanggulangan bencana, namun semoga di Klaten tidak ada bencana alam. Sinergitas semua relawan semoga terus dijaga dan disatukan untuk menghadapi bencana yang mungkin terjadi. ( Vln/red)

 324 total views,  1 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Menyalakan Seribu Lilin FPII Lampung Berharap Pembunuh Demas Laera Segera Terungkap

Bandar Lampung ,- Lebih dari seratus orang jurnalis yang tergabung di Forum Pers Independent Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *