Home / BERITA POTO / Delapan Puluh Sembilan Orang Di Lampura Terjangkit Wabah DBD

Delapan Puluh Sembilan Orang Di Lampura Terjangkit Wabah DBD

Lampung Utara – Sebanyak 89 penderita demam berdarah dengue yang tercatat oleh dinas kesehatan kabupaten Lampung Utara, terhitung mulai bulan Januari hingga Februari 2020

M. Yusuf, Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Lampung Utara, mengatakan jumlah diatas berdasarkan data yang didapat dari seluruh rumah sakit yang menangani pasien DBD.

Wilayah endemik DBD yang paling banyak yakni Kecamatan Kotabumi Kota, Kotabumi Selatan dan Bukit Kemuning. Namun Dinas Kesehatan telah melakukan langkah dengan cara Fogging. Selain itu juga sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit berbahaya tersebut.

Untuk Warga Kecamatan Kotabumi yang meninggal, Dinas Kesehatan belum mendapatkan datanya apakah terkena DBD atau tidak. ” Kami belum bisa menyatakan apakah korban yang meninggal itu benar terjangkit DBD atau tidak sebelum menerima data yang pasti, ” Jelasnya. Rabu (5/2/2020)

Dijelaskannya, Penularan demam berdarah tidak hanya daerah itu sendiri, tetapi juga bisa dari daerah lain. “Untuk langkah antisipasi atau pencegahan, kita lakukan dengan berjenjang, yang paling utama yaitu pemberantasan sarang nyamuk dan itu dilakukan oleh masing-masing Puskesmas yang berada di kecamatan-kecamatan,” jelasnya.

Dinas kesehatan Lampura menghimbau masyarakat untuk berkoordinasi dengan Puskesmas dan rumah sakit bila mendapati penyakit DBD di daerahnya.“Jentik nyamuk demam berdarah itu berbeda dengan jentik nyamuk biasanya. Dapat dilihat dengan berdirinya jentik-jentik nyamuk itu atau sejajar, tapi untuk jentik nyamuk demam berdarah itu akan berbentuk lingkarang,” ujarnya‎.(+)

Sumber : Media Fatner Lampungvisual.com

Editor : Red

 150 total views,  2 views today

Share

About NEWSTKPTV.COM

Check Also

Menyalakan Seribu Lilin FPII Lampung Berharap Pembunuh Demas Laera Segera Terungkap

Bandar Lampung ,- Lebih dari seratus orang jurnalis yang tergabung di Forum Pers Independent Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *